Catatan Vocah Vota Chapter 11



Chapter 11 :
“Menghadapi UN”

“UN”adalah kata yang cukup mengerikan bagi siswa-siswa yang akan menghadapinya, karena dulu nilai UN  sangat bergantung dengan lulus atau enggaknya siswa, tapi itu tidak terjadi pada angkatan gue sob , di angkatan gue UN tidak berpengaruh lagi pada kelulusan siswa jadi kelulusan siswa dinilai dari sekolah itu sendiri . Meski siswa itu seancur apapun nilainya tapi sikapnya baik pasti sekolah akan membantu meluluskannya karena bila ada siswa yang tidak lulus 1 orang itu akan berdampak buruk pada nama baik sekolah itu sendiri.

Tapi meski UN tidak berpengaruh lagi pada kelulusan siswa, tapi gue dan sahabat vota tetep belajar dengan giat untuk mendapatkan nilai yang bagus karena nilainya akan berpengaruh saat akan mencari kerja nantinya. Selama ingin menghadapi UN kehidupan yang sifatnya hiburan kita tinggalkan untuk sementara seperti main Vota , Main PES dan yaaa pokoknya yang berbau-bau game lah kita tinggal kan untuk sementara demi masa depan . Kadang pepatah orang dulu itu ada benarnya loh sob “Berakit rakit ke Hulu berenang renang ketepian, Bagaimana mau ke penghulu kalo sampai sekarang masih temenan ”loh haha salah pepatah gue :v, yang bener ini sob “Berakit rakit ke Hulu berenang renang ketepian, Bersakit sakit dahulu besenang senang kemudian ”nah itulah pepatah yang selalu gue pegang sob.

Seminggu sebelum UN itu kita semua pelajar TB semakin getol buat belajarnya, padahal dikasih waktu seminggu sebelum UN itu untuk Refreshing tapi ini malah belajar terus sampe sampe bisa meledak dah tuh pala :v . Namanya juga anak TB semua hal pasti dilakukan dengan sistem santai di awal dan kebut di akhir haha, yaa jadi awal awal masuk kelas 3 nyantai aja padahal bakal menghadapi UN nantinya, tapi pas waktu sudah mepet seminggu sebelum UN dijamin anak TB semua langsung pada megang buku pelajaran. Waktu semakin mepet dan yang kita dapat dalam seminggu terakhir sebelum menghadapi UN itu adalah diberinya bimbingan ketika akan menghadapi Ujian Online nantinya , Online? Yoi sob disekolah gue sudah menggunakan system Online.




Di Depok sekolah swasta yang baru menggunakan system online baru 2 sekolah doang sob yaitu sekolah gue SMK Taruna Bhakti dan SMK Nasional kalo gak salah, kita biasanya menyebut system online ini dengan sebutan CBT (Computer Basis Test) dan itu adalah suatu kebanggaan buat sekolah gue karena sudah menggunakan system online, yaiyalah namanya juga sekolah IT haha :v . Keuntungan dari system online ini sob sudah tidak memakai lagi yang namanya itu Kertas Ujian, jadi kita tidak capek untuk membulatkan jawaban dan menulis nama semua dibuat lebih mudah dengan hanya klak klik doang.

Tapi ada kerugiannya nih sob yaitu gak bisa nyontek haha :v , masa iya kalo mau nyontek harus muterin monitor dulu bisa bisa ketawan dah tuh ama guru pengawas haha. Sebenernya juga tes CBT ini adalah tes pertama kalinya dalam sejarah Indonesia menggunakan system online jadi yahh pokoknya the best dah buat SMK Taruna Bhakti yang sudah bisa menyelenggarakan ujian CBT ini.

Karena ujiannya online jadi anak-anak harus belajar lebih giat belajarnya karena pasti bakalan susah untuk bekerja sama dengan siswa yang lain nantinya, maka dari itulah gue dan Vota belajar dengan sangat giat, untung gue ada kartu AS untuk minta diajarin, siapa lagi kalo bukan Yoga, sampe sampe gue dan Vocah gue ke rumahnya demi belajar bareng dia, jadi waktu itu gue dan Al punya usul untuk belajar bareng di tempat yang belum pernah kita jajah dan gampang ditebak rumah siapa yang belum pernah di jajah oleh anak anak, yaitu rumahnya Yoga Agung Utama , cuman si Yoga doang rumah yang belum di jajah yaa meski ada juga sih si Rudy tapi kan rumah Rudy lebih jauh dari rumahnya Yoga jadi kita milih yang lebih deket aja. Awalnya dia sempet nolak tapi setelah berlama-lama dibujuk akhirnya dia mau juga, selama perjalanan gue serasa Touring sob haha iyalah jalannya itu belok belok meski gak ada tanjakannya. Sesampainya dirumah Yoga kita semua langsung disambut hangat oleh keluarganya, Bapak sama Ibunya baiknya bukan main sob, kita baru dateng langsung disuguhin makanan haha, Vocah Vota mah kalo udah ngeliat makanan itu bawaannya pasti bakal ngunyah terus :v , Apa lagi si Jariko yang punya lambung 3 dan kalo makan gak ada kenyangnya, malahan waktu kita semua lagi belajar dia malah asik makan sendiri . Semua makanan dia cobain dari Kue bolunya, Kue lapisnya, Kripiknya yaa pokonya banyak dah haha. Kita semua di rumah Yoga waktu itu belajar Matematika karena emang si pelajaran ini doang yang paling susah.



Waktu kita di rumah Yoga sebenernya gak terlalu banyak belajarnya, malah kalo bisa dibilang belajarnya cuman 15 menit selepas itu sobat tau apa yang kita omongin? , apa lagi kalo bukan dota yang diomongin , kalo kumpul sama vocah vota itu gak bakal lengkap kalo gak sambil ngobrolin dota, entah tentang hero, Item , atau pun strategi penyerangan, malahan kita kalo ngomongin dota itu udah kaya sharing sharing pelajaran gitu sob, padahalnya bukan pelajaran yang kita omongin . Memang anak dota itu suka rada-rada menyimpang obrolannya :v .

Setelah selesai membicarakan dota kita mending langsung pulang saja haha gara-gara ngomongin dota tangan langsung gatel buat ngemaininnya haha :v . Akhirnya kita pamit ke orang tuanya, selepas pulang pun bener apa kata gue, kita-kita bukannya belajar malah main Dota wkwk padahal udah H-5 sebelum menghadapi UN tapi ini malah masih main Dota. Dulu juga seminggu sebelum UN Anak Vota udah punya janji gak akan main dota lagi sampai nanti UN tiba haha tapi janji itu malah dilanggar.

Namun kita kita main dota dah cuman sekali itu aja sob seterusnya udah pensi dulu sesaat karena emang harus fokus bener-bener. Sampai pada akhirnya UN yang ditunggu-tunggu pun tiba pada hari H nya (*sebenernya sih gak ditunggu, UNnya aja yang dateng sendiri :v), waktu jadwal ujian gue kebagian siang hari sob jadi di bagi dua shift, kelas TKJ shift 1 masuk pagi dan MM RPL shift 2 masuk siang . Temen vota gue yang sekelas sama gue cuman ada Adit , Tua , Baim , Jariko dan selebihnya ada di kelas sebelah gue. Hari pertama Ujian Pelajarannya adalah Bahasa Indonesia , jujur sebenernya pelajaran Bahasa Indonesia ini menurut gue cukup mudah karena rata-rata semua hampir mirip dengan kisi-kisi UN yang dikasih kan oleh guru-guru jadi gue gak terlalu kesulitan meski ada sih sedikit, sampai temen-temen gue pun pada anteng-anteng aja ngerjainnya kaya Bidon yang mukannya kayaknya emang bisa dia ngerjainnya, trus Adit yang sok mikir padahal dia nahan boker :v , trus ada Dewi sama Adel yang lagi bisik bisik buat nanya jawaban wkwk Oia sobat belum tau Dewi kan? Padahal udah setengah cerita tapi belum kenal Dewi, oke sekarang gue bakal perkenalkan dia mulai dari sifatnya , menurut gue dia anaknya baik dan lucu meski lucunya kadang ngelewatin batas jadi serasa kaya anak alay, untuk bentuk fisik yah jangan ditanya dia cewe paling tinggi badannya di kelas :v , kalo bisa dibandingin sama gue , dia tingginya se dada gue wkwk , tinggi gue 168 cm dan yaa kalo tingginya Dewi hitung sendiri dah semananya haha.



Hari pertama terlewati dengan pelajaran yang bisa dibilang cukup mudah gak ada kesulitan yang berarti justru hari yang paling menegangkan adalah besok karena pelajaran Matematika telah menunggu. Nah disini gue langsung punya inisiatif sendiri sob untuk membuat catatan kecil untuk pelajaran Matematika besok :v , karena takut lupa rumusnya gue kalo Ujiannya sudah dimulai.

Sampai pada akhirnya hari ke 2 pelajaran Matematika pun tiba juga dan persiapan catatan kecil gue sudah di persiapkan haha :v . Gue juga tau pasti bukan cuman gue doang yang memiliki otak licik seperti ini pasti hampir semua juga punya catatannya masing masing hayo ngaku,... haha. Ternyata memang benar sob dugaan gue, Matematikanya bukan main susahnya sampai catatan gue pun cuman bisa nolong 3 nomer doang sisanya ngitung sendiri haha , dan juga gue ngeliatin ekspresi temen-temen sekitar gue yang kayaknya pada pusing.

Bahkan si Adit sampe tidur sob bukannya ngerjain haha mungkin dia pusing atau mungkin sudah menyerah, tapi gue masih ngeliat perjuangannya Bidon haha dia serius banget ngerjainnya entah emang beneran mikir apa emang beneran bingung :v , dan gue ngeliat juga barisan yang paling belakang ada si Baim dan si Jariko yang nyender sambil ngobrolin entah apaan, dan ada juga si Adel sama Dewi yang masih saja main bisik bisikan buat nanya jawaban, padahal mah mereka berdua belom ada yang di jawab :v kalo gitu ngapain pada nanya yaa haha . Sampai waktu pengerjaan itu memasuki 15 menit terakhir itu pun gue masih ada 10 nomer yang kosong dan gue cuman garuk garuk kepala doang . Pada akhirnya Adit dan Awing menyelesaikan Ujiannya, memang dewa mereka berdua entah bener ngisinya atau mungkin cuman asal-asalan dengan mengitung kancing :v , dan Akhirnya gue pun bisa menyelesaikannya meski 5 Nomer ngasal wkwk , Si Dewi sama Adel malah jadi getol nanyanya yang tadi bisik bisik sekarang jadi blak blakan haha bahkan sampai si Ashifa pun ikut ikutan nanya jawaban, Sampai akhirnya semua dapat menyelesaikan ujiannya meski nilai jelek bakal selalu membayang bayangi haha. Pelajaran Matematika pun selesai sekarang tinggal tersisa 2 ujian lagi yaitu Bahasa Inggris dan Kejuruan, untuk keesokan harinya ujian yang harus di hadapi adalah bahasa inggris, untuk diri gue pribadi sih kalo buat bahasa pelajaran inggris gue lebih banyak belajar listeningnya dibandingkan dengan soal-soal teori.




Hari untuk Ujian Bahasa Inggris pun tiba juga, sebenernya gue paling ragu ujian bahasa inggris itu listeningnya sob kalo buat teorinya mah gue bisa. Jujur aja yaa listeningnya itu lewat speaker soalnya sob jadi rada rada kurang jelas, kalo misalkan pake Headset mah gue pasti bisa tanpa ragu sekali pun, tapi meski bagaimana pun harus tetap dihadapi namanya juga ujian mau gak mau yaa harus ngerjain meski sarana dan prasarananya kurang mendukung sekalipun.

Hari ketiga Ujian Nasional di mulai dengan pelajaran Bahasa Inggris, awal awal dibuka dengan soal Listening. Bener sob apa kata gue suaranya agak kurang bagus jadi ada yang gak kedengeran sampe sampe gue harus nanya terus ke Dewi , dan juga banyak siswa yang kebingungan dengan listeningnya ada yang pelongo ke speakernya entah dengerin apa lagi ngeliatin speakernya :v (*kurang kerjaan banget wkwk) . Meski gimana pun gue tetep bakal ngisi jawabannya meski dengan suara yang gak jelas dan hasil dari contekan haha tapi gue nyonteknya cuman sedikit sob cuman di bagian akhir doang, hingga akhirnya soal untuk listening pun berakhir dan sekarang tinggal mengerjakan yang bagian  teorinya . Untuk bagian teori ini semuanya gue kerjain dari otak gue sendiri sob tanpa ada campur tangan dari otak temen-temen gue haha, gue sempet ngeliat juga ekspresi temen-temen gue kaya Adit yang mukanya rada bingun yang dalem hatinya “Artinya apaa ini”haha, ada juga si Dewi sama Adel udah gak kerja sama lagi mungkin karena mereka berdua bisa mengerjakannya.

Sampai Akhirnya untuk Ujian pelajaran Bahasa Inggris selesai juga dan besok tinggal yang terakhir yaitu pelajaran kejuruan, sebenernya untuk ujian besok yaitu kejuruan gue rada bingung sob apaan aja yang bakal dipelajarin soalnya kan kagak pernah dikasih kisi-kisi paling dikasih soal tahun sebelum sebelumnya doang , dan ternyata bukan cuman gue doang yang bingung hampir semua temen gue juga bingun “Apaan yaa yang dipelajarin”. Pada akhirnya gue belajar dari soal-soal UN sebelum sebelumnya dan begitupun dengan teman-teman gue semua , sampai ada sesuatu yang masuk ke pemikiran gue sob “Besok Hari Terakhir UN , Mungkin inilah pelajaran terakhir yang bakal gue hadapi selama di sekolah SMK Taruna Bhakti ini”itu kata-kata yang ada di kepala gue sob, sampai pada akhirnya Hari Terakhir Ujian pun datang juga.




Ujian terakhir gue dan juga teman teman gue pun di depan mata , ada rasa sedikit sedih dan juga senang , sedihnya adalah ini Ujian terakhir selama masa-masa sekolah SMK dan senangnya adalah ini tahap terakhir untuk mencapai sebuah kesuksesan yang ada di depan mata kita . Teman teman gue langsung pada login akun Ujiannya masing masing dan langsung mengerjakan soal yang ada di layar monitor,.. And Shitttt .

Soal yang gue pelajarin gak ada yang keluar sama sekali jadi itu soal susahnya minta ampun meski itu pelajaran jurusan gue yaitu Multimedia tapi tetep saja kalau yang namanya kagak belajar materi teorinya mah sama aja bohong , yang gue dan temen-temen gue pelajari adalah tentang Pengertian Multimedia, Komponen Penyusun Multimedia, dan yaa pokoknya yang di pelajari dari kelas 1, 2 , dan 3 , tapi yang keluar malah materi kelas 3 yang emang gak pernah diajarin teori sebelumnya yaitu tentang Penataan Cahaya , Sudut Pandang , yaah pokoknya yang berbau-bau soal Cahaya lah dan juga Fotografi tapi yang untuk teori Fotografinya masih paham tapi yang tentang Penataan Cahayanya itu loh sob yang bikin kesel mana hampir setengah soal yang di bahas adalah penataan cahaya , haduh haduh makin pesimis dah nih buat Nem SMK bakal bagus.

Yaa jadi pada saat pengerjaannya gue kebanyakan ngasalnya entah bener entah salah yang penting ada isinya, mungkin begitu juga yang dilakukan oleh temen-temen gue yaitu ngisi soal seada-adanya haha . Sampai akhirnya Ujian yang terakhir ini pun berakhir juga dan Berakhir pula gue Ujian di SMK , Sempet ada rasa pesimis untuk nilai yang kejuruan tapi bagaimana pun yang namanya hidup itu harus Optimis jangan sudah mulai pesimis aja padahal kan hasilnya belum keluar. Pelajaran Kejuruan tadi adalah ujian terakhir sob dimana gue dan temen gue juga terakhir kalinya menyontek dan bekerja sama bareng bareng :v , tapi gue tau meski Ujian ini berakhir kita masih tetap akan bersama sampai nanti hasil kelulusan keluar, mungkin bukan hanya pada saat kelulusan tapi sampai selama-lamanya kebersamaan kita akan selalu terjalin.
Previous
Next Post »