Catatan Vocah Vota Chapter 8


Chapter 8 :

“Last Six Months”


Memasuki semester 2 kelas 3 tinggal 6 bulan lagi waktu yang tersisa bagi gue untuk sekolah di SMK Taruna Bhakti, waktu itu gue yang kelas 3 sudah disibukan dengan jadwal yang cukup padat mulai dari Sidang Laporan, UAS, UKK , Ujian Praktik, US, dan UN. Jadi waktu gue untuk bermain dota bersama teman-teman gue menjadi berkurang karena kita semua sudah harus fokus untuk menghadapi jadwal pelajaran yang sangat padat. Pertama sekali yang harus gue hadapi adalah sidang laporan PKL, yaps untuk sekolah SMK pasti tidak akan asing dengan kata Sidang Laporan ini, jadi laporan selama gue PKL, waktu itu gue PKL dengan si Baim di suatu Rumah Sakit Ibu Dan Anak Setya Bhakti sekitar daerah Depok disana gue sama Baim di bagian Staffnya yang mengurusi data pasien yang masuk dan keluar. Tempat PKL sahabat vota gue pada beda beda, kaya Al , Adit , dan Rudi di PT TOA (Itu seperti PT electro yang memproduksi alat pengeras suara), Iyo, Tua , Alfi , Jariko di PT Equator (Itu PT yang bergerak dibidang system kayaknya gue lupa). Jadi kita semua beda beda tempatnya dan pastinya beda juga judul laporannya.



Untuk Judul Laporan gue dan Baim adalah Membuat Website Rumah Sakit, untuk kelompok Al itu membuat Simulasi Kebakaran, dan untuk kelompok Iyo adalah Simulasi kerja di PT Equator. Disinilah kerja sama tim kita sangat dibutuhkan layaknya kita bermain dota aja yang memerlukan kerja sama tim, jadi kita harus bisa saling di ajak untuk berkoordinasi dan membagi-bagi tugas dalam menyelesaikan laporan. Laporan gue cuman dikerjain sama gue dan Baim doang jadi palingan harus dibagi setengah-setengah, kalo si Al ada 3 orang lainnya harus dibagi rata biar adil. Waktu pengerjaan project laporan pun juga begitu, seperti Baim yang mengerjakan Desain websitenya dan gue yang bermain system PHPnya, dan Databasenya dibuat bareng bareng jadi rata tidak ada yang dirugikan karena pun ini akan sangat berguna dalam dunia kerja nantinya.



Tapi ada yang berbeda dengan kelompok Al, disini gue cukup perihatin karena hampir 90% project laporan dibuat oleh Al, jadi waktu itu gue kasih nasihat aja ke Rudi sama Adit.









Gue              : “Rud,Dit kasian lu si Al bikin projectnya dia semua”

Rudi             : “Iya gue juga sebenernya pengen bantu tapi gue gak bisa main 3D”

Adit            : “Iya Fik, gue juga gak terlalu bisa main 3D”

Gue              : “Yaudeh kalo gitu untuk laporan tertulisnya kalian berdua yang                               bikin, kasian si Al udeh bikin Projectnya, masa Tertulisnya juga”



Jadi sob disekolah gue itu kalo sidang sudah harus ada yang namanya Project dan Laporan Tertulisnya, kalo kagak ada jangan harap Ijazah turun pas lulus :v . Selama tahap pengerjaan laporan pun juga kita harus ada bukti bimbingannya, kalo gak ada yaa paling hukumannya ceramah dari guru produktif, jadi emang super super ketat sob peraturan di sekolah gue, sekolah lain tinggal fokus UN di sekolah gue masih fokus untuk Laporan, tapi setidaknya banyak kenangan yang tersisa di sekolah sob, malahan gue sering nginep disekolah untuk alasan mengerjakan laporan padahal mah memanfaatkan wifi sekolah :v.



Soal nginep disekolah gue itu emang serius terjadi sob, jadi yang nginep waktu itu vocah gue yang sekarang jadi vocah vota, kaya Al , Tua , Baim , Jariko , Alfi , Adit , dan kadang ada si Yoga . Biasanya kita nginep memang serius untuk ngerjain laporan dan kadang juga cuman buat numpang Download game atau pun film, maklum speed sekolah gue pernah tembus sampe 5 Mb/second untuk download, gue nginep disekolah karena emang belum menemukan basecamp kaya sekarang, yang basecampnya di rumah Iyo yang sarana dan prasarana cukup mempuni :v . Jadi selama pengerjaan laporan pun gue nyantai karena ada teman-teman yang siap membantu dan teman gue pun juga seperti itu, kalo butuh bantuan tinggal “Calling I Need Your Help” wkwk, itulah kebersaamaan yang gue rasakan selama gue kelas 3 pada saat pengerjaan laporan bersama teman-teman vota gue.



Setelah semua persiapan serasa dinilai cukup, gue dan Baim langsung maju untuk sidang, sebenernya sob gue sidang paling akhir cuman karena waktu itu temen gue Si Awing dan Septian belum siap untuk sidang jadi gue gantiin karena juga gue kasian ke mereka, Oia sob kalian tau kenapa mereka berdua belum siap, karena emang project dan Laporan tertulisnya belum dibikin, padahal sudah dikasih tau dari kenaikan ke kelas 3, untuk persiapkan diri dalam menghadapi Sidang Laporan tapi mereka malah nyantai aja, sekarang gue bakal memberikan detil tentang diri mereka masing-masing.





Setiap kelas pasti ada yang namanya kelompok baik dan kelompok badung yang suka cabut-cabutan,sering dapet surat cinta dari guru, yah pokoknya dikenal sama guru itu dari sisi negatifnya (*sorry yaa mengulas dikit vroh :v, jangan tersinggung). Yaa jadi dikelas gue itu emang ada sekelompok anak yang susah banget diatur, kelompokannya itu adalah Awing , Septian , Bidon , dan Ginanjar Agung , sebenernya Malik Maulana juga bisa dibilang masuk kategori kelompok ini cuman kalo untuk si Malik dia mudah untuk diatur dan di ajak ngobrol, Kalau untuk Awing sifatnya dan ciri-ciri orangnya udah pernah gue sebutin pada saat awal masuk kelas, Untuk Septian juga sebenernya anaknya baik, mudah di atur, mau untuk belajar cuman dia mudah terpengaruh oleh teman-temannya.



Untuk Bidon dan Ginanjar ini cowo berdua bisa gue bilang paling the best dan jago nyari alesan ke guru untuk cabut pelajaran, Bidon waktu jadi wakil ketua kelas sifatnya agak berubah menjadi baik cuman lama kelamaan mungkin dia bosen kayaknya jadi wakil ketua kelas mulu dan langsung banyak bikin masalah, makannya langsung digantiin sama Baim posisinya, Sebenernya Bidon itu anaknya baik, asik , gokil , tapi kalo lagi bete gilanya bisa keluar haha :v . Nah, untuk Ginanjar gue juga sebenernya asik-asik aja sama nih orang , cuman dia terlalu banyak sifat negatifnya, kaya suka bolos, ngerokok, dan yaa pokoknya gitu dah, biasa anak SMK mah emang kadang suka ada yang begaya kaya gitu, tapi denger-denger katanya Ginanjar itu mantanya Martha juga, jadi yaa gue sama dia udah sama-sama Punya mantan yang sama tapi dengan sifat yang berbeda :v.



Lanjut ke sidang laporannya, waktu sidang pun dibagi-bagi sob biar gak terlalu banyak, jadi dalam sehari paling ada 3-4 kelompok yang sidang, dan untuk yang penyidangnya pun  dari guru produktif gue sob karena Multimedia cuman ada 2 guru produktifnya jadi dibagi-bagi ada yang ke Pak Puguh dan ke Pak Sandi, untuk pak Puguh kan gue udah pernah menceritakan gimana dia, sekarang gue bakal ngasih tau soal sifatnya pak Sandi dimana dia itu adalah guru produktif kelas 2, dia biasanya ngajarin tentang cara pembuatan 3D animasi, pembuatan Effect-effect pada film, dan juga Fotografi, untuk sifatnya pun dia guru paling asik dan seru, baik juga, kadang juga gokil, dan dari segi negatifnya mungkin gak ada paling kalo lagi bad mood doang nih guru gak bakal ngomong, dan juga kalo bisa gue bilang nih guru paling Cool abis di sekolah wkwk :v. Waktu sidang pun gue kebagian oleh pak Puguh, karena pak Puguh juga pembimbing gue, yaa mungkin gara-gara judul laporan gue yang berbau koding jadi gue ama dia haha.

Waktu saatnya sidang pun dimulai, satu per satu kelompok yang sudah sidang keluar dari ruangan, dan sekarang giliran gue sama Baim yang maju, rasa deg degan ada cuman dibawa enjoy aja karena guru pengujinya masih dari sekolah, coba kalo dari luar sekolah mungkin bukan deg degan lagi tapi udah panas dingin :v . Di dalam ruangan pun semua berjalan sesuai dengan rencana dan lancar , tidak ada yang lecet sedikit pun meski project laporannya baru setengah jadi tapi kata pak Puguh itu sudah sangat bagus tinggal diselesaikan saja biar menambah nilai plus nantinya kata Pak Puguh , jadi yaa cukup puas dengan keritikan dan saran dari dia. Keluar dari ruangan sidang pun jadi lega rasanya hati jadi tidak ada yang membebani nanti.



Sidang laporan ini hanya ujian baru tahap awal sob masih ada ujian lain yang menanti, dan ujian lain yang menanti adalah Uka Uka wkwk eh salah sob yang bener itu UKK ( Uji Kompetensi Kejuruan ) haha, bisa dibiliang UKK ini adalah momok ujian yang paling menakutkan untuk semua siswa, jadi UKK itu adalah ujian dari masing-masing jurusan untuk membuat produknya masing-masing, untuk TKJ waktu itu ujiannya disuruh membuat system jaringan menggunakan VOID, untuk Multimedia disuruh membuat Iklan makanan pembuatannya pun mencangkup 2D, 3D , dan Video , nah untuk RPL gue kurang tau persis ujiannya kaya gimana yang gue tau pasti dia disuruh membuat Website menggunakan database Mysql, gimana sob mudah bukan wkwk.



Pada saat proses pembuatan produk UKK gue dan Vocah vota udah gak pernah nginep lagi di sekolah sob, kami langsung cari basecamp baru, karena juga waktu itu tiba-tiba koneksi wifi sekolah mati sob, jadi percuma gue nginep disekolah tanpa ada koneksi di internet, serasa garing kalo gak ada yang namanya koneksi internet, jadi semenjak itu lah gue udah gak nginep lagi di sekolah, dan sobat pasti tahu dimana basecamp baru gue dan Vocah Vota, yaps tepat sekali di rumah Iyo.
Previous
Next Post »